SELAMAT DATANG DI BLOG PENDIDIKAN WASIT WICASONO

Selasa, 13 Juli 2021

PERAN ORANG TUA PTM Terbatas

Oleh: Wasit Wicasono


Tidak ada yang bisa mengelak dari keadaan pandemi COVID-19. Mengalah pada keadaan bukan keputusan yang benar. Mencari solusi adalah tindakan yang bijaksana. Peran orang tua pada PTM Terbatas maupun PJJ membantu pencapaian tujuan Pembelajaran bahkan pendidikan. Setidaknya membantu terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien.

Walaupun banyak polemik tentang PTM Terbatas dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) diistilahkan sebagai Blanded Learning, namun realitanya, pembelajaran tetap harus dilaksanakan. Meskipun hanya sebagian daerah saja yang dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan. Karena Beberapa daerah lainnya masih tetap harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Baik pembelajaran jarak jauh dengan modal dalam jaringan (daring) maupun pembelajaran jarak jauh dengan modal luar jaringan (luring).

Orang tua dan akses interenet. Orang tua harus memberikan informasi akurat tentang ketersediaan akses internet yang baik di rumahnya. Kesuksesan pembelajaran daring dirasakan bagi sekolah dan siswa bila sama sama memiliki akses yang baik.

Namun tidak bisa dipungkiri muncul dilema baru dalam pembelajaran daring. Diantaranya anak terlalu banyak menggunakan gadget dengan dalih sedang pembelajaran daring. Kendala lain juga dirasakan oleh orang tua, saat jumlah gadget di rumah tidak sebanding dengan jumlah anak yang akan belajar secara daring. Tidak semua orang tua memiliki kecukupan jumlah gadget untuk semua anaknya yang sekolah.

Tidak semua orang tua mendampingi anak saat belajar daring. Berbagai alasan orang tua, diantaranya bersamaan dengan waktu bekerja atau tidak menguasai teknologi. Padahal mendampingi anak saat pembelajaran daring Sangat bermanfaat bagi anak, juga membantu kesuksesan pembelajaran. 

Orang tua diharapkan aktif atau secara berkala konfirmasi kepada wali kelas atau guru mata pelajaran tentang jadwal pembelajaran daring. Hal ini untuk mendapatkan informasi terbaru bila ada kendala atau perubahan jadwal yang tidak dapat dielakkan. Sekolah melalui grup orang tua hendaknya juga aktif memberikan informasi terbaru. Namun kendala yang lain kadang informasi dari sekolah hanya sampai kepada siswa dan tidak diketahui oleh orang tua.

Sebelum pelaksanaan pembelajaran daring sekolah hendaknya telah melakukan komunikasi dengan orang tua siswa tentang pembelajaran jarak jauh. Sekolah memberikan nomor HP wali kelas, guru mata pelajaran untuk komunikasi efektif. Orang tua siswa mengetahui konsekuensi logis dari pembelajaran daring. Orang tua siswa menanyakan hal hal penting kepada sekolah atau wali kelas atau guru mata pelajaran terkait teknis pembelajaran daring.

Sekolah memberikan jadwal pembelajaran daring kepada orang tua siswa. Hal ini memungkinkan orang tua siswa dapat mengatur penggunaan gadget bagi anaknya yang akan daring lebih banyak daripada jumlah gadged yang ada.

Komunikasi sekolah dengan orang tua secara efektif dan berkala. Guru harus komitmen dengan jadwal yang telah ditetapkan. Orang tua membantu dan mendampingi siswa keperluan pembelajaran daring. Orang tua bisa melarang siswa untuk mengakses internet bila tidak sesuai jadwal pembelajaran daring. Ini jawaban dari kegundahan wali murid terhadap siswa yang sering mengatasnamakan pembelajaran daring dengan waktu yang tidak pasti.

Perubahan jadwal pembelajaran daring secara tiba-tiba akan membuat berantakan sistem pembelajaran. Baik jadwal antara mata pelajaran lainnya, atau penggunaan gadget siswa di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tuliskan pesan anda

VISI SMP NEGERI 18 KABUPATEN TEBO