SELAMAT DATANG DI BLOG PENDIDIKAN WASIT WICASONO

Rabu, 13 Juni 2012

Reward Diberikan Kepada Siapa?


A.     Mengapa Perlu Memberikan Reward

Menurut teori behavioristik belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Dengan kata lain belajar adalah merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa/peserta didik dalam hal kemampuannya untuk ber-tingkah-laku dengan cara yang baru sebagai hasil dari interaksi antara stimulus dan respon.

Ganjaran menurut bahasa, berasal dari bahasa inggris Reward yang berarti penghargaan atau hadiah. Metode Reward
(ganjaran) merupakan suatu bentuk teori penguatan positif yang bersumber dari teori behavioristik. Gunanya adalah untuk memotivasi siswa supaya menjadi yang terbaik. Reward
adalah segala sesuatu yang berupa penghargaan yang menyenangkan perasaan siswa karena hasil baik dalam proses pendidikannya dengan tujuan agar senantiasa melakukan pekerjaan yang baik dan terpuji.
Peranan Reward dalam proses pembelajaran cukup penting terutama sebagai faktor aksternal dalam mempengaruhi dan mengarahkan perilaku siswa. Hal ini berdasarkan atas berbagai pertimbangan logis, diantaranya Reward ini dapat menimbulkan motivasi belajar siswa dan dapat mempengaruhi perilaku positif dalam kehidupan siswa.
Manusia selalu mempunyai cita-cita, harapan, dan keinginan. Inilah yang dimanfaatkan oleh metode Reward. Maka dengan metode ini, siswa yang mengerjakan perbuatan baik atau mencapai suatu prestasi tertentu diberikan suatu Reward yang menarik sebagai imbalan. Reward merupakan alat pendidikan yang mudah dilaksanakan dan sangat menyenangkan bagi para siswa. Untuk itu, Reward dalam suatu proses pendidikan sangat dibutuhkan kebenarannya demi meningkatkan motivasi belajar siswa.
Maksud dari pemberian Reward kepada siswa adalah agar siswa menjadi lebih giat lagi usahanya untuk memperbaiki atau mempertinggi prestasi yang telah dicapainya, dengan kata lain siswa menjadi lebih keras kemauannya untuk belajar lebih baik.

B.      Kepada Siapa Reward Diberikan

Enam Potensi Siswa yang harus dikembangkan di sekolah:
1.    Potenti Spiritual
2.    Potensi Fisik
3.    Potensi Sosial
4.    Potensi Kreatif
5.    Potensi Emosi
6.    Potensi Akademik

Kita telah memberikan reward kepada siswa yang berprestasi, namun apakah beberapa potensi positif siswa yang kita bentuk dan bina telah kita beri reward? Yang biasa kita lakukan adalah memberi reward potensi akademik? Mari kita rencanakan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tuliskan pesan anda

VISI SMP NEGERI 18 KABUPATEN TEBO