A. Mengapa Perlu Memberikan
Reward
Menurut teori behavioristik belajar adalah
perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan
respon. Dengan kata lain belajar adalah merupakan bentuk perubahan yang dialami
siswa/peserta didik dalam hal kemampuannya untuk ber-tingkah-laku dengan cara
yang baru sebagai hasil dari interaksi antara stimulus dan respon.
Ganjaran menurut bahasa, berasal dari bahasa inggris Reward yang berarti penghargaan atau hadiah. Metode Reward
(ganjaran) merupakan suatu bentuk teori penguatan positif yang bersumber dari teori behavioristik. Gunanya adalah untuk memotivasi siswa supaya menjadi yang terbaik. Reward
adalah segala sesuatu yang berupa penghargaan yang menyenangkan perasaan siswa karena hasil baik dalam proses pendidikannya dengan tujuan agar senantiasa melakukan pekerjaan yang baik dan terpuji.
Peranan Reward dalam proses pembelajaran
cukup penting terutama sebagai faktor aksternal dalam mempengaruhi dan
mengarahkan perilaku siswa. Hal ini berdasarkan atas berbagai pertimbangan
logis, diantaranya Reward ini dapat menimbulkan motivasi belajar siswa
dan dapat mempengaruhi perilaku positif dalam kehidupan siswa.
Manusia selalu mempunyai cita-cita, harapan,
dan keinginan. Inilah yang dimanfaatkan oleh metode Reward. Maka dengan
metode ini, siswa yang mengerjakan perbuatan baik atau mencapai suatu prestasi
tertentu diberikan suatu Reward yang menarik sebagai imbalan. Reward merupakan
alat pendidikan yang mudah dilaksanakan dan sangat menyenangkan bagi para
siswa. Untuk itu, Reward dalam suatu proses pendidikan sangat dibutuhkan
kebenarannya demi meningkatkan motivasi belajar siswa.
Maksud dari pemberian Reward kepada
siswa adalah agar siswa menjadi lebih giat lagi usahanya untuk memperbaiki atau
mempertinggi prestasi yang telah dicapainya, dengan kata lain siswa menjadi
lebih keras kemauannya untuk belajar lebih baik.
B. Kepada Siapa
Reward Diberikan
Enam Potensi Siswa yang harus dikembangkan di sekolah:
1. Potenti Spiritual
2. Potensi Fisik
3. Potensi Sosial
4. Potensi Kreatif
5. Potensi Emosi
6. Potensi Akademik
Kita
telah memberikan reward kepada siswa
yang berprestasi, namun apakah beberapa potensi positif siswa yang kita bentuk
dan bina telah kita beri reward? Yang
biasa kita lakukan adalah memberi reward
potensi akademik? Mari kita rencanakan kembali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tuliskan pesan anda